-->

Surtur



Surtur merupakan tokoh antagonis yang mencul pada komik Marvel. Sosok monster yang kerap kali menyerang Asgard ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Surtur pertama kali muncul pada komik berjudul Journey into Mystery #97 yang diterbilkan Marvel pada bulan Oktober 1963. Tokoh Surtur sendiri diambil dari Mitologi Yunani bernama Surtr yang merupakan raksasa api.


Surtur sendiri adalah iblis api yang berasal dari planet Muspelheim, salah satu dari Sembilan dunia. Ia adalah salah satu unsur kejahatan yang sangat ditakuti para Asgardian. Sosoknya adalah mahluk mistis dengan besar lebih dari 1000 kaki. Karena berbahaya, Odin mengurung sosok jahat tersebut didalam inti bumi.

Dalam komiknya, Surtur dibebaskan oleh Loki setelah bertahu-tahun lamanya terpenjara di perut bumi. Surtur pun membantu Loki dalam melakukan aksi jahatnya dengan tujuan merebut tahta Asgard. Surtur pun juga sempat dibebaskan oleh Marduk, anak dari Sattanish. Dan yang paling parah adalah saat terjadi peristiwa Ragnarok dimana para Asgardian bertarung melawan Surtur. Lucunya, Loki yang awalnya melepaskan Surtur, ikut membantu Odin dan Thor mengalahkan Surtur hingga akhirnya tewas.


Sebagai moster api, Surtur memiliki kekuatan dan daya tahan melebih Thor. Kekuatan apinya dapat membakar apapun. Surtur juga memiliki pedang raksasa bernama Twilight yang juga disebut dengan pedang Doom. Pedang tersebut berasaldai logam langka bernama scabrite. Surtur sangat pandai dalam menggunakan pedang tersebut. Sehingga orang selalu berusaha memisahkan dirinya dengan pedangnya jika ingin melumpuhkannya. Layaknya Api, Surtur juga memiliki kelemahan terhadap dingin karena hal tersebut bisa mengurangi panas tubuhnya.


Click to comment