-->

Vulture (Adrian Toomes)


Vulture adalah salah satu karakter antagonis yang ada ada komik Marvel. Tokoh penjahat super yang dapat terbang ini diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Vulture pertama kali muncul pada komik yang berjudul The Amazing Spider-Man #2 yang diterbitkan pada bulan Mei 1963. Vulture juga menjadi musuh utama Spider-Man di film Spider-Man: Homecoming (2017).

Siapakah Vulture? Identitas sebenarnya adalah Adrian Toomes. Ia lahir di Staten Island, New York. Toomes merupakan orang yang jenius. Ia merupakan seorang insinyur elektronika yang cerdas. Bersama dengan temannya Gragory Bestman, ia membangun sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penerbangan. Namun suatu saat sahabat yang ia percayai tersebut mengkianati Toomes dengan melakukan penggelapan uang dan kabur begitu saja.

Karena marah dengan aksi temannya, Toomes kemudian merusak perusahaan yang dirintisnya bersama sahabatnya tersebut. Saat itu ia menemukan baju zirah bersayap hasil penelitian perusahaannya. Ia kemudian menggunakan baju zirah tersebut dan beralih menjadi penjahat dengan julukan Vulture.


Pertemuan pertama kali Vulture dengan Spider-Man terjadi saat Vulture tengah merampok sebuah bank. Saat itu, Peter Parker mencoba untuk menghentikannya. Namun saat itu Parker tengah dalam kondisi kesulitan keuangan sehingga ia lebih memfokuskan untuk mengambil foto dari Vulture. Terlebih, saat itu Daily Bugle siap memberikan bonus besar bagi siapa saja yang bisa mengambil gambar eksklusif dari Vulture. Karena tidak fokus melawan Vulture, Peter Parker kalah dan dipukuli habis-habisan oleh Vulture. Tak hanya itu, Vulture juga memasukan Spider-Man ke dalam tangki berisi air dari terkurung disana, beruntung saat itu Peter dapat melarikan diri.

Pertemuan Vulture dengan Spider-Man pun berakhir dengan kekalahan sang penjahat lantaran Vulture telah memberikan ancaman jika ia akan mencuri berlian sehingga polisi dan Spider-Man berhasil meringkusnya. Di dalam penjara, Vulture bergabung dengan kelompok Sinister Six dan meng-upgrade baju zirahnya dengan peralatan canggih.



Sebagai penjahat super, Vulture memanfaatkan baju zirah yang digunakannya sebagai senjata. Kostum tersebut berasal dari bahan sintesis khusus yang bisa memunculkan gaya anti gravitasi sehingga ia dapat terbang. Tak hanya terbang, Vulture dapat bermanuver di udara dengan kemampuan kostumnya tersebut. Seiring berjalannya waktu, Vulture selalu mengembangkan kostum yang dimilkinya, ia memasukan serum ke dalam kostum tersebut sehingga pemakainya bisa memiliki kekuatan, kegesitan dan kecepatan yang luar biasa. Vulture bahkan memasukan serum anti penuaan sehingga ia selalu awet muda walau usianya bertambah. Karena sering menggunaan kostum tersebut, Vulture kemudian memiliki kemampuan terbang tanpa perlu menggunakan kostum miliknya.

Pada versi MCU, Vulture digambarkan sebagai orang yang memulung barang-barang hasil dari pertempuran yang dilakukan oleh Avengers. Dengan barang-barang tersebut Toomes merakit senjata bersama Tinkerer dan menjualnya kepada para kriminal.

Click to comment