-->

Auctioneer




Auctioneer merupakan salah satu tokoh yang ada pada komik Marvel. Namun tokoh ini sedikit istimewa untuk bangsa Indonesia. Mengapa? Ya, karena pada versi Marvel Cinematic Universe (MCU), tokoh ini diperankan oleh aktor asal Indonesia. Siapa dia? Dia adalah om Ray Sahetapy (penulisnya sok kenal :p). Tokoh ini muncul pada film Captain America: Civil War yang dirilis pada tahun 2016.

Tokoh Auctioneer sendiri diciptakan oleh Bill Mantlo bersama dengan David Ross. Auctioneer muncul pertama kali pada komik berjudul Alpha Flight #42 yang diterbitkan pada bulan Januari 1987. Walaupun diperankan oleh om Ray Sahetapy (sok kenal lagi) pada Captain America: Civil War, pada komiknya Auctioneer digambarkan sebagai orang berkebangsaan Kanada dengan rambut berwarna kecokelatan.


Siapakah Auctioneer? Dia adalah seorang juru lelang benda kuno. Saat muncul pertama kali di komik Alpha Flight, Auctioneer menculik Madison Jefferies dan Purple Girl yang merupakan anak dari Killgrave. Selain menjadi juru lelang barang antik, Auctioneer ternyata nyambi sebagai mafia perdagangan manusia. Tak hanya barang berharga dan antik, Auctioneer juga menjual beberapa manusia terutama manusia yang memili bakat (mutan). Auctioneer menculik para mutan dan membiusnya untuk kemudian  dilelang.

Sayang nasib Auctioneer dalam kiprah kriminalnya tak berlangsung mulus. Pada komik Alpha Flight, Auctioneer tewas setelah Purple Girl berhasil lepas dari efek bius yang diberikan dan membunuhnya. Namun pada komik tersebut tidak digambarkan Auctioneer tewas dan hingga saat ini tak ada kemunculan sang juru lelang ini di komik Marvel lain.

Selain menggunakan aktor Indonesia, Pada film Captain America: Civil War muncul juga sosok delegasi Indonesia untuk PBB. Sayangnya peran tersebut tak menggunakan orang Indonesia melainkan diperankan oleh Alexander Yasin yang merupakan aktor berdarah India.

Click to comment