-->

Dr. Heinrich Zemo (Baron Zemo)



Baron Zemo adalah salah satu tokoh jahat fiktif yang ada pada komik Marvel. Tokoh yang digambarkan sebagai pria dengan kepala tertutup kain ini diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Ia muncul pertama kali pada komik berjudul Tha Avengers #4 yang diterbitkan Marvel pada bulan Maret 1964. Baron Zemo juga menempati peringkat 40 dari daftar tokoh pejahat komik terbaik tahun 2009 versi IGN.


Siapa Baron Zemo? Nama aslinya adalah Dr. Heinrich Zemo. Ia merupakan ilmuan terbaik dari partai Nazi (Ingat ini fiktif, jadi ga ada di buku pelajaran sejarah). Selama perang dunia kedua, Zemo banyak menciptakan senjata pemusnah masal untuk gunakan oleh tentara Hitler. Salah satu senjata yang paling sadis adalah meriam cahaya yang menewaskan ratusan warga sipil bahkan tentara Nazi sendiri.

Saat itu Nick Fury yang masih menjadi tentara Howing Comando mengetahui perbuatan Zemo dan melaporkannya di media. Akibatnya, Zemo mendapat cercaan di seluruh Eropa karena tindakan sadisnya. Karena itulah ia selalu menggunakan kerudung kain di kepalanya.


Suatu saat Zemo sedang mengembangkan bahan kimia terbarunya yang bernama Adhesive X, sebauh larutan perekat yang tak bisa melepaskan benda apapun jika sudah tertempel. Saat itu Captain America yang hendak menangkap Zemo melemparkan perisai vibraniumnya pada tong yang berisi adhesive x. cairan tersebut bocor yang mengenai wajah Zemo sehingga kerudung kain pada wajahnya melekat permanen. Hal tersebut membuat Zemo semakin membenci Captain America. Apalagi setelah wajahnya bersatu dengan kerudung kainnya, ia tak bisa mengkonsumsi makanan dan hanya bergantung pada cairan infus. Zemo pun akhirnya bergabung dengan Hydra setelah bertemu dengan Red Skull.

Sebagai anggota Hydra, Baron Zemo menggunakan kecerdasannya untuk mengembangkan organisasi tersebut. Zemo juga ahli dalam menembak dan merupakan ahli strategi perang yang ulung. Pada komiknya, Posisi Baron Zemo yang diisi Dr.Henrich Zemo akan digantikan anaknya yang bernama Helmut Zemo. Helmut juga menggunakan kerudung permanen pada kepalanya dengan tambahan ikat kepala Sirkuit yang bisa memanipulasi psikis orang lain. Baron Zemo menggunakan semprotan Adhesive X untuk menyerang lawannya.


Bagaimana Baron Zemo di film Captain America: Civil War? Baron Zemo akan muncul namun adalah sosok Helmut Zemo. Dirinya menghancurkan para kelompok Avengers karena membalaskan dendamnya atas kematian ayah, istri dan anaknya karena insiden Sokovia.

Click to comment